Prospek Kerja di Jurusan Teknik Elektro Apa Sih ?

Masih bingung memilih jurusan kuliah, teknik elektro mungkin bisa menjadi salah satu pertimbangan. Mengapa harus teknik elektro? Apa saja sih yang bisa kamu pelajari di jurusan ini? Mari simak Artikel berikut.

Apa itu Jurusan Teknik Elektro?

Teknik elektro adalah bagian dari bidang teknik (engineering) yang mempelajari, mendesain dan mengaplikasikan komponen dan sistem yang memanfaatkan listrik (electricity), elektronika (electronics) dan electromagnetism. Di jurusan ini kamu akan memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang konsep, desain, pengembangan, dan manufaktur perangkat listrik dan elektronik.

Kenapa Harus Memilih Jurusan Teknik Elektro?

Di antara banyaknya jurusan teknik, mengapa kamu perlu mempertimbangkan teknik elektro sebagai jurusan layak pilih? Berikut lima alasan kenapa kamu harus memilih jurusan hype ini!

  1. Jurusan teknik yang favorit!

    Teknik elektro merupakan jurusan yang populer. Persaingannya sengit. Tidak hanya cowok-cowok yang tertarik untuk memulai, tetapi belakangan, para cewek juga mulai tertarik dengan jurusan ini.

  2. Klise, tapi semua orang butuh listrik!

    Tentunya ini sebuah kepastian bahwa masyarakat pasti membutuhkan listrik. Jika kamu ingin berkontribusi pada masyarakat, setidaknya bisa dimulai dengan memilih jurusan ini. Meskipun klise, tapi kenyataannya semua orang butuh listrik, kan? Dengan begitu kemampuanmu akan selalu berguna dalam waktu yang panjang.

  3. Dibutuhkan di semua bidang industri

    Selain prospek karir yang bagus, lulusan teknik elektro juga banyak dicari di segala bidang. Perusahaan-perusahaan ini membutuhkan ahli kelistrikan untuk bekerja di perusahaan mereka. Pilihan karir kamu makin luas mulai dari startup, pemerintahan, hingga BUMN.

  4. Mengasah kreatifitas

    Kamu akan menjadi siswa yang kreatif dengan belajar sambil menerapkan ilmu yang dimiliki. Selain itu, mahasiswa teknik elektro terbiasa untuk melakukan berbagai proyek kelistrikan dan robotika. Hal ini tentu akan meningkatkan kreativitas kamu dalam bereksperimen.

  5. Gaji yang relatif tinggi

    Alasan lain yang bisa kamu pertimbangkan adalah karena gaji lulusan teknik elektro relatif tinggi. Tidak semua orang bisa menggantikan peran kamu, karena membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus yang tidak mudah.

Apa Yang Dipelajari di Jurusan Teknik Elektro?

Tidak salah memang jika kebanyakan orang beranggapan bahwa jurusan teknik elektro ya hanya mempelajari bidang kelistrikan saja. Karena pada dasarnya Teknik elektro merupakan ilmu yang mempelajari listrik dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Bagi kamu yang mengambil jurusan IPA saat SMA, maka jurusan ini pun sangat berhubungan dengan mata pelajaran Fisika, Kimia dan Matematika. Setidaknya kamu familiar. kan?

Hanya saja, di jurusan teknik elektro, kamu akan mempelajari Fisika yang lebih beragam lagi mengenai rangkaian listrik. Misalnya, interaksi antara komponen listrik, kemudian medan elektromagnetik, teknik digital listrik serta elektronika, bahan-bahan yang digunakan untuk listrik, energi kontroversi listrik, pengukuran beban listrik, sistem telekomunikasi, tak lupa juga metode numerik, kalkulus, serta matematika teknik, dan mata kuliah sejenisnya yang berkaitan dengan Teknik Elektro.

Secara umum, ada tiga bidang yang menjadi fokus di jurusan Teknik Elektro, yaitu tenaga listrik (arus kuat), elektronika (arus lemah), dan telekomunikasi. Bidang teknik tenaga listrik berhubungan dengan pembangkitan dan transmisi daya listrik dari satu tempat ke tempat lain. Jadi, kamu akan belajar cara membangun sistem distribusi tenaga listrik. Sedangkan bidang teknik elektronika fokus pada material di berbagai konfigurasi atau struktur yang bisa mengatur aliran listrik. Nah, kalau teknik telekomunikasi fokus pada upaya rekayasa dalam mengirim informasi dari satu titik ke titik lainnya.

Kabar baiknya, kamu akan belajar banyak tentang kelistrikan di berbagai aspek dengan materi kuliah yang bahasannya luas. Mulai dari hal-hal dasar berhitung, cara melakukan kodefikasi informasi ke dalam sinyal listrik di mata kuliah sistem telekomunikasi, bagaimana cara mengukur beban arus listrik, hingga sampai pengimplementasian gaya arus listrik pada transportasi. Kompleks ya? Tentu saja, itu mengapa lulusan teknik elektro tak tergantikan!

Selain itu, kamu juga akan mempelajari hal selain listrik seperti coding! Pada kurikulum jurusan teknik elektro, terdapat pembelajaran coding seperti MATLAB, C, C++, dan Python. Oleh karena itu, jangan heran kalau lulusan teknik elektro ada juga yang berkarir di bidang seperti Data Science, Machine Learning, Software Engineering, dan Web Development.

Prospek Kerja apa sih di Jurusan Teknik Elektro

Bidang teknik elektro yang paling populer dan utama tentu saja seputar energi listrik. Maka tak heran jika banyak lulusan teknik elektro yang membidik industri energi dan kelistrikan sebagai tujuan utama mereka. Namun, prospek karir lulusan teknik elektro sendiri sangat beragam. Gelar sarjana di bidang teknik elektro diperlukan di hampir setiap industri, mulai dari telekomunikasi, minyak dan gas, semikonduktor, kedirgantaraan, manufaktur, otomotif, transportasi, jasa dan layanan hingga bioteknologi.

Berikut 6 prospek kerja jurusan teknik elektro yang bisa dipertimbangkan sebagai karirmu nanti:

  1. Berkarir di Industri Telekomunikasi

    Industri telekomunikasi membutuhkan lulusan teknik elektro untuk membuat jaringan nirkabel. Jika tidak ada teknisi listrik, maka perusahaan telekomunikasi tidak akan dapat membuat panggilan karena teknisi listrik akan mengubah informasi dan mengkodekannya menjadi sinyal listrik.

  2. Tertarik berkarir di oil and gas industry? Bisa banget!

    Teknik elektro, khususnya teknik kontrol dan penyetelan, biasanya diperlukan di bidang ini dan diposisikan sebagai insinyur kontrol dan instrumentasi dalam fisika teknik dan fisika instrumentasi. Perusahaan dalam negeri yang sangat populer dengan lulusan teknik elektro antara lain SCHLUMBERGER, PERTAMINA, PERSADA, CHEVRON (dulu CALTEX & UNOCAL), ADARO, ANEKA TAMBANG, HALLIBURTON, TAMBANG BATUBARA BUKIT ASAM, FREEPORT, dan CNOOC (dulu Maxus), dll.

  3. Bagikan ilmu sebagai dosen

    Banyak universitas dan perguruan tinggi, baik universitas negeri maupun swasta, membutuhkan dosen untuk mengajar program gelar teknik elektro. Namun, untuk menjadi seorang dosen kamu harus menambah pengetahuan dengan memiliki setidaknya gelar master di bidang elektro.

  4. Berkembang lewat BUMN

    Banyak pekerjaan dari BUMN yang membutuhkan lulusan teknik elektro untuk mengisi posisi di berbagai perusahaan. Benefit yang bisa didapatkan sebagai pegawai BUMN antara lain jenjang karir, gaji tinggi dan asuransi. Kamu juga dapat menerima beasiswa untuk mempromosikan pendidikan. Ada banyak perusahaan yang menerima dan bekerja sama dengan lulusan teknik elektro, diantaranya PT. PLN, PLN. Telkom Indonesia, PT. Adi Karya, PT. Bank Mandiri dll.

  5. Mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS

    PNS juga dapat dijadikan sebagai prospek kerja setelah lulus kuliah jurusan teknik elektro. Umumnya, mahasiswa lulusan teknik elektro akan ditempatkan pada bidang sumber daya mineral dan juga energi. Untuk perihal gaji, jangan ditanyakan lagi, ya. Sudah pasti gaji lulusan teknik elektro untuk pekerjaan Pegawai Negeri Sipil ini sangatlah besar.

  6. Bangun Startup sendiri!

    Selain industri besar, gelar sarjana teknik elektro bisa menjadi wirausahawan sekaligus software engineer. Kamu bisa memulai bisnis sendiri, misalnya mendirikan startup yang mengimplementasikan ilmu kelistrikan, bisnis peralatan listrik, elektronik industri, dll. Sebagai software engineer, kamu akan menangani seluruh siklus pengembangan perangkat lunak, mulai dari analisis kebutuhan, perancangan, pengujian, pengembangan, dan maintenance untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Nah itu tadi sedikit pencerahan terkait Prospek Kerja di Jurusan Teknik Elektro. Jika ingin mendalami lebih jauh lagi, mari gabung di Teknik Elektro STTKD. Disini kalian akan diberikan ilmu Elektro di bidang Avionik Instrumentasi, Sistem Telekomunikasi, dan Sistem Otomasi Industri. Klik tautan ini untuk mendaftar online.